STAI AL Aulia Bogor Lakukan KKM, Program Utama Sosialisasi Cegah Covid-19

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Aulia Kabupaten Bogor masih berlangsung melakukan program kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Selama satu bulan di Kecamatan Cibungbulang. Menginngat pandemi virus corona sedang berlangsung, priotiras program kerja mahasiswa, menjadi relawan Satuan Tugas Mahasiswa Peduli Covid-19.

“Kegiatan mengaplikasikan Tri Dharma perguruan tinggi mahasiswa, KKM, pada intinya mengabdi ke masyarakat. Nah situasi pendemi virus corona, menjadi ladang penngabdian nyata. Mahasiswa bisa ikut serta sukseskan program pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus mematikan ini,” terang Ahmad Faqihudin selaku dosen pembimbing lapangan Kelompok KKM di sela-sela kegiatan, Jum’at, 10 April 2020.

Ahmad Faqihudin menambahkan, kegiatan KKM STAI Al-Aulia, ini disambut baik oleh pemerintah kecamatan setempat. Bahkah menurutnya, mahasiswa yang diterjunkan di tiga desa tersebut diberi tugas khusus. Mereka memdapatkab arahan untuk menjadi kepanjangan tangan pemerintah Gugus Covid-19 di kelurahan tempat KKM.

“Bahkan kita diberi kepercayaan dari Bapak Camat Cibungbulang. Beliau mengintruksikan kepada 3 Desa tempat KKM, agar mahasiswa menjadi mitra strategis, bergabung jadi anggota Gugus Covid-19 di kelurahan masing-masing,” kata Faqih

Banyak kegiatan sosial berkaitan pencegahan penyebaran covid-19, lanjut Faqih, diantaranya selain mahasiswa berlakukan protokol kesehatan disetiap kegiatan terbukti memakai masker. Mereka ikut membagikan hand sanitizer dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Kita lakukan penyemprotan di tempat-tempat ibadah, sekolah juga majlis taklim, tentu bersama bapak RW di lingkungan setiap lokasi KKM,” tuturnya.

Berdasarhan hasil reportase, pelaksanaan pelepasan dan penyambutan program KKM dilakukan pada Senin, 16 Maret 2020 di Aula Kecamatan Cibungbulang.
Sesuai keputusan dari kampus, kegiatan KKM dilakukan selama satu bulan, dimulai 15 Maret hingga 16 April 2020.

Acara pelepasan sekaligus penyambutan mahasiswa KKM sebanyak 33 Mahasiswa disampaikan langsung oleh Ketua STAI AL-Aulia KH Komarudin Adnawi Lc. MA. Para mahasiswa dibagi menjadi tiga titik lokasi KKM yakni Desa Cimanggu II, Dukuh dan Cijujung.

Tercatat telah hadir tamu penting dalam acara pelepasan dan penyambutan program KKM, diantaranya Kepala Bapeda Litbang Kabupaten Bogor, tiga kepala desa yang akan ditempati KKM. Tidak ketinggalan para dosen pembimbing lapangan.

Leave a comment

https://www.amazon.com/dp/B0859R52SJ 
WhatsApp us