Pentingnya Mencerdaskan Anak Usia Dini

Sebanyak 50 mahasiswa dari Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta, dan 48 mahasiswa dari STIT Tarbitaunnisa Bogor, serta para guru mengikuti Studium General dan Seminar Sehari, di Aula Balai Desa Nambo, Citeureup Bogor.

Ketua STIT Tarbiyatunnisa Bogor, Sudeni Al-Fathoni dalam acara ini menyoroti tentang perubahan nomenklatur yang awalnya Sarjana Pendidikan dari PTS bergelar S.Pd.I, berubah menjadi S.Pd (Sarjana Pendidikan).

“Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama tertanggal 16 Agustus 2016,” ucapnya.

Ketua Panitia Ahmad Faqihudin menambahkan, acara tersebut masih berkaitan dengan Milad Ke-2 Yaspi 26 J. Pihaknya sengaja menggandeng dua perguruan tinggi besar yang sangat peduli dan kompeten dalam pembangunan anak bangsa.

Ia berharap, Seminar ini dapat dijadikan bekal bagi guru maupun calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam menjalankan tugas mulianya sebagai pendidik yang sekaligus pembelajar.

“Guru PAUD adalah peletak dasar kecerdasan karakter dan intelektual pada anak usia dini. Maka guru PAUD memiliki peran strategis dalam menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas,” ucap Faqihudin kepada Radar Depok, kemarin (6/2).

Selain itu, guru PAUD harus mempunyai kompetensi dan kualifikasi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang. Terllebih di era milenial ini, guru PAUD dituntut mampu menjawab kebutuhan anak usia dini sesuai tumbuh kembangnya. Sehingga dapat memenuhi kepentingan terbaik bagi anak, di tengah-tengah problematika anak-anak yang semakin komplek.

“Life skill pada pendidikan anak usia dini sangat penting. Yaitu menggabungkan fungsi psiko-sosial, kepribadian, fisik dan akademis dari seorang anak, dengan tujuan memiliki tingkah laku yang positif terhadap sekolah, inner security, kebiasaan untuk berinisiatif, kemampuan untuk mengambil keputusan, disiplin diri dan rasa tanggung jawab secara individu maupun kelompok,” tegasnya.

Leave a comment

https://www.amazon.com/dp/B0859R52SJ 
WhatsApp us